Home Excell

Rumus CONCAT, CONCATENATE Pada Excell, Cara menggabungkan dua cell atau lebih di microsoft excell

" rumus CONCAT atau CONCATENATE pada microsoft excell untuk menggabungkan beberapa cell"


Selamat pagi dan semoga harimu menyenangkan. Pada kesempatan ini kita akan membahas mengenai salah satu rumus excell yang tidak kalah penting, yaitu rumus CONCAT atau CONCATENATE pada microsoft excell untuk menggabungkan beberapa cell.

Bagi kamu yang pekerjaanya bergelut dengan data, ataupun yang mau belajar, rumus atau fungsi ini sebaiknya kamu kuasai. Karena besar kemungkinan kita harus menggabungkan beberapa teks dari cell yang berbeda. Berikut merupakan Tutorial rumus CONCAT dan CONCATENATE pada microsoft excell :

Bagaimana Cara Kerja Rumus CONCAT  Atau CONCATENATE?

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, fungsi CONCAT atau CONCATENATE bertugas untuk menggabungkan cell yang berbeda. Bisa di lihat di tabel di bawah ini :

Cell 1 Cell 2 HASIL Concat / Concatenate
Hera Ciamis Hera Ciamis
Rizki Tasikmalaya Rizki di Tasikmalaya

Dari tabel diatas, mungkin sudah faham ya, kita bisa menggabungkan kedua cell dengan perantara SPASI atau TEKS. Dan sekarang kita akan praktek bagaimana cara menggunakan rumus CONCAT di microsoft excell.
INFO : CONCAT adalah versi baru dari fungsi CONCATENATE lama. Untuk menggunakan COCATENATE di versi Excel terbaru, gunakan CONCAT.


Tutorial Rumus CONCAT Atau CONCATENATE Pada Excell

Untuk penulisan rumus bisa di lihat di bawah ini :

=CONCAT(cell1, delimiter, cell2)
Penjelasan Rumus :

  • Cell1 : merupakan baris dengan isi teks pertama
  • Cell2 : merupakan baris dengan isi teks kedua
  • Delimiter : pembatas anatara teks satu dan dua
Untuk delimiter, bisa dimasukan berupa simbol atau teks. Sekarang saya akan mencontohkan penggunaan rumus CONCAT ini dalam berupa gambar dan gif. Silahkan di simak baik baik :

Disini saya memiliki data pada tabel di bawah ini :

Bisa di lihat, karena saya menggunakan excell versi 2013 maka penulisan rumus menggunakan =CONCATENATE. Jika kalian menggunakan versi terbaru, gunakan rumus =CONCAT.

Untuk penulisan rumus di microsoft excell nya menjadi seperti ini :

=CONCAT(A2;" ";A3) Atau
=CONCATENATE(A2;" ";A3)

Untuk posisi delimiter, bisa ditempatkan di antara tanda kutip. Karena disini saya ingin menggunakan spasi, maka saya tambahkan SPASI diantara tanda kutip tersebut. Sehingga hasil akhirnya seperti berikut ini :

Prosedur Penggunaan :

  1. Pilih baris D2
  2. Masukan rumus Concat atau Concatenate
  3. Pilih dan masukan Cell1, delimiter, Cell2
  4. Tekan ENTER

Pada contoh diatas, saya menggabungkan Marselino dan Struick dengan delimiter SPASI. Jadi hasilnya adalah  Mrselino Struick. Sekarang coba lihat, dibawah ini merupakan tutorial tambahan bagaimana menambahkan teks baru sebagai delimiter :

Jadi untuk posisi delimiter atau cell nya bisa disesuaikan sesuai dengan kebutuhan. Untuk contoh gambar diatas, saya menggunakan 2 delimiter sebagai pemisah, sehingga rumusnya menjadi seperti berikut :
=CONCATENATE("Nilai dari ";A2;" Adalah ";C2)
Atau
=CONCAT("Nilai dari ";A2;" Adalah ";C2)

Mungkin itu yang bisa saya berikan, semoga bisa membantu.
Komentar