Home Excell

Mengambil data sebelah kiri tengah dan kanan menggunakan rumus LEFT RIGHT MID pada excell

"Cara mengambil data dari sebelah kiri,tengah,dan kanan di microsoft excell, rumus left,right,mid excell"


Mengambil sebagian data dari tabel lain merupakan sesuatu hal yang penting untuk dikethaui. Dengan mengetahui hal tersebut, akan memudahkan kita untuk mengambil data yang di inginkan. Jika hanya dibawah 15 data mungkin masih bisa dilakukan secara manual. tetapi bayangkan jika data yang akan kita ambil berjumlah ratusan, bahkan ribuan. Tentunya itu akan sangat merepotkan bahkan membunag buang waktu saja.

Cara mengambil data dari sebelah kiri,tengah,dan kanan di microsoft excell

Oleh karena itu saya akan memberikan tips microsoft excell yaitu :

  • Mengambil data sebagian dari sebelah kiri di microsoft excell
  • Mengambil data sebagian dari sebelah tengah di microsoft excell
  • Mengambil data sebagian dari sebelah kanan di microsoft excell
dari ketiga poin yang telah saya sebutkan diatas. masing masing poin memiliki rumus nya masing masing.
untuk mengambil data dari sebelah kiri, kita menggunakan rumus =LEFT, untuk sebelah kanan menggunakan rumus =RIGHT, dan terakhir untuk mengambil data di bagian tengah menggunakan rumus =MID.

Kapan penggunaan rumus RIGHT,LEFT,MID di microsoft excell


Penggunaan rumus - rumus ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan pekerjaan. contohnya ketika kita punya data nama pelanggan dalam sebuah tabel yang disertai kode unik didepanya seperti 054 HERA, ada kalanya kita hanya membutuhkan kode unik itu untuk keperluan yang lain. jika kode tersebut berada paling awal (sebelah kiri), maka kita bisa menggunakan rumus =LEFT. seterusnya, jika berada ditengah atau paling akhir (kiri), maka kita bisa menggunakan rumus =MID dan =RIGHT.

Cara Penggunaan Rumus LEFT Di Microsoft Excell


Pertama coba sobat siapkan data seperti gambar ilustrasi di bawah ini:


Studi kasusnya adalah kita akan mengambil kode member yang ada pada kolom username. terlihat disana ada sebanyak 4 angka kode yang harus kita ambil dan di simpan pada kolom lain yang membutuhkan kode tersebut.

Untuk rumus LEFT pada excell lengkapnya seperti ini :

=LEFT(G11;4)

Penjelasan Rumus LEFT di Excell


  • =LEFT merupakan rumus left pada excell
  • G11 merupakan letak kolom yang akan kita ambil data nya di microsoft excell. untuk kasus saat            ini data yang akan saya ambil berada pada kolom G11
  • ; (titik koma) merupakan pemisah
  • 4 (nomor empat) merupakan jumlah kata yang akan kita ambil dari sebelah kiri
Gimana nih, mudah mudahan paham ya. dan untuk eksekusinya, kita masukan rumus diatas kedalam kolom yang akan kita isi datanya. lihat gambar!


Setelah memasukan rumus LEFT pada excell, selanjutnya tinggal tekan tombol Enter pada keyboard. jangan lupa drag ke baris berikutnya, maka akan secara otomatis terisi semua. dan ini adalah hasil akhirnya :




Cara Penggunaan Rumus MID Di Microsoft Excell


Sekarang kita akan membahas rumus MID di excell. sebelumnya coba sobat lihat gambar di bawah terlebih dahulu.


Dari gambar tersebut, terlihat bahwa kode member tepat berada di tengah tengah username. dan kita akan mengambil kode member tersebut dari kolom username itu. ( HERA0547RIZKI )

Rumus MID secara lengkap bisa dilihat dibawah ini :

=MID(G11;5;4)

Penjelasan Rumus MID Di Excell


  • =MID : Merupakan rumus awal
  • G11 : Merupakan letak kolom yang akan kita ambil data nya di microsoft excell. kebetulan sama  dengan contoh rumus LEFT.
  • Nomor 5 : Merupakan urutan keberapa yang akan kita ambil pertama kali. HERA berjumlah 4       huruf, maka angka 0 adalah urutan ke 5.
  • Nomor 4 : Merupakan jumlah huruf yang akan kita ambil. karena kode member berjumlah 4, maka kita tuliskan 4.
Setelah memahami kunci dasar rumus MID, selanjutnya sobat bisa masukan rumus tersebut di kolom yang akan kita isi kode member. Lihat gambar!



Setelah mengetikan rumus MID, silahkan tekan tombol enter pada keyboard dan ini adalah hasilnya :



Cara Penggunaan Rumus RIGHT Di Microsoft Excell


Untuk rumus RIGHT ini sama seperti rumus left. hanya dua parameter yangh harus kita isi.

=RIGHT(G11;4)

G11 sebagai tempat kode yang akan kita ambil, dan nomor 4 merupakan jumlah karakter yang akan diambil. 

Kesimpulan


Rumus LEFT,MID LEFT pada excell ini bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan kita. ada kalanya menggunakan left, atau rumus yang lain. sebagai info saja, rumus pada excell ini bisa digunakan pada google spreadsheet.

Komentar