Home Excell

Membuat predikat nilai A,B,C otomatis di excell spreadsheet menggunakan rumus IF

"cara membuat nilai otomatis di microsoft excell atau spreadsheet dengan mudah menggunakan rumus IF"


Bagi sobat yang sedang mencari tutorial membuat predikat nilai otomatis menggunakan excell atau spreadsheet, sobat berada di tempat yang tepat. Untuk mencari nilai predikat otomatis kita bisa menggunakan rumus =IF pada microsoft excell atau google spreadsheet. Jika perbandingan yang akan kita buat hanya satu saja, tentu akan sangat mudah menggunakan rumus =IF ini, tetapi jika perbandinganya banyak akan sangat merepotkan dan harus memiliki ketelitian yang tajam. Unutk itu, pada artikel kali ini saya akan sharing bagaimana cara membuat nilai otomatis di microsoft excell atau spreadsheet dengan mudah.

Persiapan

Sebelum memulai menggunakan rumus =IF pada excell atau spreadsheet, sobat harus mempersiapkan data tabel nya terlebih dahulu. sebagai contoh data yang saya sudah siapkan adalah sebagai berikut :

1. Data predikat nilai

Disini saya menggunakan nilai dengan empat predikat, A,B,C,D dengan range nilai yang sudah ditentukan.

  • A - Sangat Baik : 88 - 100
  • B - Baik : 74 - 87
  • C - Cukup : 60 - 73
  • D - Kurang : <60


2. Membuat tabel di excell atau spreadsheet

Jika sudah menentukan predikat nilai berdasarkan renge nya, selanjutnya sobat bisa buat sebuah tabel di microsoft excell atau spreadsheet seperti gambar dibawah ini.

Setelah menyiapkan tabel, selanjutnya kita akan langsung menerapkan rumus =IF pada excell atau spreadheet.

Menggunakan rumus IF untuk mencari predikat nilai otomatis


Sekarang saya akan menjelaskan rumus IF terlebih dahulu. Untuk bentuk rumus IF bisa dilihiat seperti ini :

=IF(logic;isi)

Penjelasan Rumus :

  • Logic : Merupakan logika perbandingan nilai, contoh nilai < 90 (jika nilai lebih kecil dari 90)
  • Isi : merupakan isi setelah perbandingan dibuat, contoh "A"

Sekarang kita terapkan rumus ini untuk mencari predikat sesuai dengan range yang sudah ditentukan sebelumnya. dan untuk rumus lengkapnya menjadi seperti ini :

=IF(D75<60;"D";IF(D75<74;"C";IF(D75<88;"B";IF(D75<100;"A"))))

Untuk kode D75 silahkan ganti sesuai dengan nomor kolom nilai pada excell atau spreadsheet masing masing. Untuk huruf  yang berwarna biru, itu adalah isi. (jika nilai kurang dari 88 maka isi nya B).


Kolom angka 1 yang berwarna merah, memiliki nomor kolom D75. sobat bisa sesuaikan dengan nomor kolom masing masing, karena kemungkinan akan berbeda. Sementara untuk angka 2 yang berwarna hijau, sobat bisa menuliskan rumus lengkap IF yang ada diatas tadi kedalam kolom predikat itu.

Jika dirasa sudah sesuai, maka tinggal tekan tombol enter di keyboard, dan hasilnya akan seperti gambar dibawah ini. Jangan lupa untuk drag ke bawah supaya kolom berikutnya akan terisi otomatis.


Kesimpulan


Menggunakan rumus IF di excel atau spreadsheet untuk membuat predikat nilai otomatis sebenarnya bukanlah satu satunya cara. banyak cara yang bisa digunakan untuk menemukan atau mencari predikat nilai otomatis ini. Hanya saja, untuk artikel ini saya menggunakan rumus IF dan mungkin dilain kesempatan saya akan membagikan cara yang lainya. Sobat bisa copy rumus IF yang saya gunakan, lalu sesuaikan dengan nomor kolom, isi, dan range nilai yang sobat miliki.
Komentar