Home Google Dokumen

Membuat daftar isi otomatis di google dokumen 2 detik langsung jadi

"Membuat daftar isi otomatis di google dokumen ternyata sangat mudah"


Membuat daftar isi otomatis di google dokumen ternyata sangat mudah. Bagi sobat yang pernah membuat daftar isi di microsoft word secara otomatis, pasti akan mudah memahami tutorial ini. Karena pada dasarnya antara ms word dan google dokumen memiliki kesamaan, tetapi biasanya yang membuat kita bingung karena tata letak google dokumen berbeda.

Daftar isi merupakan bagian penting dalam sebuah makalah atau laporan akhir. Tetapi banyak dari kita tidak mengetahui cara ini dan malah membuat daftar isi secara manual. Bagaimana jika banyak judul atau bab dalam sebuah laporan. pasti akan membutuhkan waktu yang lama untuk menyelesaikanya. ditambah harus hafal nomor halaman dari judul yang akan kita inputkan. Pokonya dobel banget ribetnya.

Membuat daftar isi otomatis di google dokumen dengan mudah

Pertama sobat siapkan dokumen di google dokumen dengan login menggunakan akun masing masing. setelah itu coba buat halaman khusus daftar isi yang masih kosong, lalu di halaman berikutnya, sobat buat daftar judul yang akan dimasukan kedalam daftar isi nantinya. sebagai contoh sobat bisa lihat gambar di bawah ini :

Gambar 1. Membuat halaman daftar isi



 Gambar 2. List judul yang akan dimasukan daftar isi

Pastikan sobat sudah membuat seperti contoh diatas. Sebelum menambahkan daftar isi otomatis di google dokumen, block atau seleksi terlebih dahulu daftar judul yang sudah dibuat sebelumnya.
lalu ubah gaya teks teks yang tadinya teks normal menjadi judul 1. Jika setelah perubahan teks menjadi besar, tinggal sesuaikan saja dengan mengubah ukuran teks di menu yang tertera di ribbon.



Selanjutnya masuk ke menu sisipkan, scroll ke list paling bawah lalu sorot pointer ke menu daftar isi. Setelah itu klik pada bagian tengah (titik titik). untuk lebih memahami, silahkan lihat gambat dibawah :


Setelah mengikuti arahan yang ada di gambar, secara otomatis daftar isi akan akan terbuat secara otomatis. jika ingin mengubah ketebalan teks atau spasi, sobat bisa mengaturnya secara manual. jika ada perubahan nomor halaman, sobat bisa klik ikon refres di samping daftar isi, maka nomor halaman akan secara otomatis ter update mengikuti perubahan yang dibuat.


Kesimpulan

Membuat daftar isi otomatis di google dokumen memiliki cara yang hampir sama dengan microsoft word. bedanya google dokumen memiliki tata letak yang berbeda dengan ms word yang biasanya kita gunakan. Dengan mengetahui cara membuat daftar isi otomatis di google dokumen ini semoga bisa menambah wawasan bagi kita semuanya.

Komentar